Kebiasaan “Charger” Ponsel Dekat Ranjang Bikin Tambah Gemuk


ilustrasi

KOMPAS.com – Jangan terburu-buru mengatakan bahwa menu diet dan olahraga seimbang yang telah Anda jalani tidak memberikan hasil sesuai target. Sebab, siapa tahu berat badan “sungkan” turun disebabkan kebiasaan men-charge ponsel dekat ranjang Anda.

Menurut studi dari Manchester University, berat badan tak kunjung turun, bisa jadi karena pengaruh dari gelombang pendek yang menghasilkan cahaya biru redup yang terjadi kala ponsel dicharge.

Sebab, masih menurut hasil studi, tubuh manusia membutuhkan ruang gelap gulita untuk benar-bener tertidur lelap. Sebab, tidur yang demikian menghasilkan melatonin yang tepat sehingga penyaluran enerjdi dari makanan dan minuman pun bergulir dengan baik.

Namun, pilihan Anda untuk meletakkan ponsel yang tengah dicharge di atas atau dekat kasur mengacaukan sistem pada tubuh.

“Kekurangan tidur bisa memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan, inilah kondisi yang menjadikan Anda selalu lapar di malam hari. Alhasil, Anda mengudap dan mengonsumsi makanan lebih banyak sebelum tidur,” terang Eve Van Cauter, Director of The Sleep, Metabolism and Health, University of Chicago.

Tak bisa dimungkiri bahwa kehidupan modern seperti sekarang, komunikasi dan aktivitas harian memang membutuhkan ponsel tapi bantulah diri sendiri dengan berhenti mengisi daya ponsel di dekat ranjang. Tujuannya agar tidur lebih berkualitas dan tubuh dambaan pun lebih mudah tercapai.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kutipan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s