Jangan Percaya, Undangan BBM untuk PC di Facebook


Jakarta, PCplus – Kalau tiba-tiba ada undangan untuk memakai aplikasi Blackberry Messenger (BBM) untuk PC desktop di linimasa (time line) Facebook mu, abaikan saja. Alih-alih mendapat aplikasi BBM untuk PC desktop, kamu malah jadi korban untuk mengklik iklan yang komisinya jatuh ke tangan orang lain.

Penyebaran undangan aplikasi BBM gadungan untuk PC desktop memang kian marak di beberapa minggu belakangan ini. Menurut informasi yang dikirim vaksinis senior Vaksin.com, Alfons Tanujaya, kepada PCplus, modus yang dilakukan pembuat aplikasi tipu-tipu ini cukup menarik. Pasalnya penguna disuguhi notifikasi dari teman Facebook yang sebelumnya sudah menjadi korban. Bunyi notifikasi tersebut seperti yang terlihat di gambar berikut ini.

bbm-on-pc

Jika link diklik, korban langsung digiring ke situs https://apps.facebook.com/bbmo*pc/ untuk selanjutnya dimintai persetujuan instalasi aplikasi. Jika disetujui, maka aplikasi langsung terpasang. Selanjutnya kamu akan diminta menyetujui proses pengiriman notifikasi yang sama ke seluruh daftar teman.

“Sebenarnya semua proses di atas adalah proses yang legitimate dari Facebook, namun yang menjadi masalah adalah aplikasi yang dijanjikan Blackberry Messenger on PC tidak akan pernah anda dapatkan. Malahan dalam kenyataannya anda akan digiring untuk mengklik iklan-iklan yang telah dipersiapkan oleh pembuat aplikasi abal-abal ini,” jelas Alfons.

Lalu apa yang akan di dapatkan oleh pembuat apps palsu ini ?  Ia akan  mendapatkan uang dari iklan yang sudah diklik di situs apps Facebook ini. Tidak tanggung-tanggung, situs apps tadi memuat beberapa iklan yang akan berjalan secara otomatis dan akan menyesuaikan isinya dengan lokasi kamu.

“Beberapa pemasang iklan online yang muncul sewaktu Vaksincom mengakses situs apps abal-abal ini adalah situs belanja online Bhinn*ka, Laza*a, situs jalan-jalan TripAdvis*r, Standard Charter*d dan Lex*s Asia,” tambah Alfons.

bbm-on-pc-2

Mengenyahkan aplikasi terinstall

Nah, bagaimana kalau kamu sudah kadung menyetujui instalasi aplikasi ini? Unistall saja dengan fasilitas yang disediakan Facebook. Berikut langkahnya:

  1. Buka browsermu dan login ke akun Facebook.
  2. Buka Tab baru dari browser dengan mengeklik [Ctrl] [T]
  3. Ketik alamat :
    https://www.facebook.com/settings?tab=applications di browser untuk mengakses aplikasi Facebook yang terinstal. dan cari aplikasi dengan nama ‘Blackberry Messenger on PC’ dan Klik untuk membuka menu lebih jauh.
  4. Klik [Remove App]. Kamu akan mendapatkan layar konfirmasi: ‘Remove Blackberry Messenger on PC?’
  5. Klik [Remove] untuk menyetujui penghapusan aplikasi ini.
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Seputar Jejaring Sosial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s