Wanita harus tahu, ini 5 fakta tentang puting payudara


puting-payudara

Pernahkan kamu bertanya-tanya tentang puting payudara yang normal? Ternyata, puting payudara pada wanita memang memiliki variasi bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Selain membantu memberi ASI pada bayi, puting payudara juga menunjukkan tentang kondisi kesehatan kamu, lo! Berikut ini merupakan 5 fakta yang harus kamu tahu tentang puting.

  1. Gejala kanker payudara

Sebuah gejala yang jarang terjadi pada kanker payudara yang disebut dengan penyakit paget. Penyakit paget ini disebabkan oleh pertumbuhan abnormal dari sel-sel kanker disekitar puting payudara. Biasanya pada puting akan muncul benjolan merah atau ruam merah pada pada puting. Jika kamu melihat hal ini pada area puting, maka kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

  1. Lecet saat olahraga

Meskipun sehat bagi seluruh tubuh, tetapi olahraga ternyata bisa membuat puting payudara kamu lecet. Saat melakukan gerakan yang berat saat berolahraga puting susu bisa saja menjadi kering, lecet atau bahkan berdarah. Ini biasanya disebabkan oleh gesekan kasar dan secara terus-menerus antara bra dan puting. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly sebelum berolahraga.

  1. Lecet saat menyusui

bagi ibu baru, rasa sakit, rasa nyeri dan puting retak adalah konsekuensi menyusui yang terjadi pada beberapa wanita. Gejala ini normal bagi ibu yang baru pertama kali mengalaminya. Setelah terbiasa, gejala ini akan menghilang. Tetapi, jika gejala ini berlangsung lama, kamu bisa menemui dokter untuk mengatasinya.

  1. Perubahan warna puting

Pada dasarnya warna puting seseorang memang berbeda. Merah muda pucat, merah bata, atau coklat tua tergantung pada warna kulit dasar orang tersebut. Setelah seorang wanita memiliki bayi, biasanya warna puting akan berubah. Ini merupakan efek dari lonjakan hormon selama kehamilan.

  1. Puting ketiga

Secara normal, puting payudara seseorang hanya berjumlah dua. Tetapi dalam kasus langka,seseorang dilahirkan dengan tiga puting. Ini adalah puting tambahan yang dikenal dengan supernumerary nipples. Bentuknya menyerupai sebuah tahi lalat. Puting ketiga ini tidak berkembang menjadi sebuah payudara dan dapat tumbuh di berbagai area di seluruh tubuh.

Selain itu, ukuran puting juga dapat berubah, dan ini normal terjadi. Peningkatan berat badan dan juga kehamilan bisa jadi penyebab membesarnya puting payudara. Jadi, kamu jangan salah mengira ini sebagai keadaan yang tidak normal, ya!

source : merdeka.com

Pos ini dipublikasikan di Share. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s