Manfaat Berpikiran Positif Bagi Fisik dan Mental.


Manfaat berpikiran positif ternyata sangat efektif untuk menjaga kesehatan, efeknya sangat besar. Banyak orang yang menganggap remeh tentang pikiran positif, sehingga sering terlupakan. Hal yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mereka menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya di dalam kehidupan mereka. Terkaan mereka sering berujung ke pikiran buruk sehingga menyebabkan ketakutan dan kecemasan. Hidup ini akan sangat merugi jika hanya diisi dengan ketakutan dan kecemasan.

Pengertian Berpikir Positif

manfaat-berpikir-positifBanyak yang sering mendengar kata berpikiran positif, namun banyak yang tidak tahu apa itu berpikir positif. Berpikir positif adalah menyuruh otak untuk memikirkan hal yang baik-baik sehingga bisa menciptakan semangat dan optimisme di dalam diri. Dengan semangat dan optimisme diharapkan bisa percaya dengan diri sendiri terhadap kemampuan dan kelebihan diri sendiri.

Berpikir positif dapat membangun mental dan fisik yang kuat. Berikut ini berbagai manfaat berpikir positif yang belum banyak disadari :

  1. Mengelola Stress Dengan Baik

Stress merupakan penyakit pikiran yang harus dihindari. Meski terdengar sepele, namun banyak penyakit bisa ditimbulkan oleh stress ini. Penyakit nyata akibat dari stress adalah depresi, sakit jiwa bahkan kanker ganas sekalipun. Oleh sebab itu mengendalikan dan mengelola stress sangat diperlukan bagi tubuh untuk menghindari penyakit jiwa dan raga.

Salah satu cara mengelola stress seperti, manfaat memeluk agama islam dalam kehidupan, adalah sebagai berikut ini :

  • Hindari kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Sebab semua kecemasan dan ketakutan itu belum tentu akan terjadi.
  • Jika ada masalah di dalam kehidupan, jangan memikirkan hal-hal buruk dulu. Namun pikirkan hal yang baik-baik sehingga semangat akan muncul.
  • Jangan terpaku dengan masalah secara terus-terusan. Sekali-kali harus mengalihkan pikiran anda ke hal lain yang lebih menyenangkan. Dengan begitu stress anda bisa cepat teratasi.
  1. Jiwa dan Raga yang Lebih Sehat

Manfaat berpikir positif bisa menyehatkan jiwa dan raga. Begini cara pikiran positif menyehatkan jiwa dan raga manusia :

  • Pikiran positif identik dengan ketenangan dan kepercayaan diri. Jiwa raga yang tenang akan lebih sehat, produktif dalam bekerja dan beraktivitas lainnya.
  • Pikiran negatif hanya menciptakan kebencian, kecemasan dan menjauhkan anda dari kesejahteraan hidup. Jika anda menanamkan pikiran negatif dalam hidup anda secara terus menerus. Syaraf pertama yang akan terkena adalah syaraf otak. Rasa benci dan cemas berkaitan langsung dengan otak. Akibatnya adalah, akan mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan syaraf otak misalnya saja parkinson, alzheimer, darah tinggi dan yang paling sering terjadi adalah stroke.
  1. Lebih Berprestasi

Orang yang selalu tampil percaya diri dengan optimis, akan lebih berprestasi dan sukses dibandingkan. Seperti halnya manfaat bermain piano, yang bisa dijadikan kebangaan untuk berprestasi. Orang yang optimis akan selalu melihat peluang di dalam kesempitan, sedangkan orang yang pesimis selalu melihat kesempitan di dalam peluang.

Orang dengan optimis tinggi selalu percaya dengan kemampuan dirinya sendiri, namun bukan berarti dia memiliki over percaya diri. Contohnya saja adalah sebagai berikut ini:

  • Orang optimis yang mengikuti pertandingan, dia akan percaya bahwa dirinya akan bisa melewati semua babak dalam pertandingan. Langkahnya akan terus maju selangkah demi selangkah dalam melewati setiap babak pertandingan.
  • Orang pesimis dalam mengikuti pertandingan akan ragu dengan kemampuan dirinya sendiri. Banyak ketakutan dan kecemasan di dalam dirinya. Contohnya adalah bagaimana kalau dia tidak bisa? bagaimana kalau lawannya lebih bagus? bagaimana jika akhirnya dia kalah? dan banyak pertanyaan bagaimana lainnya yang menyerang dirinya sendiri. Akibatnya adalah dia akan takut dalam melangkah dan gagal.
  1. Memiliki Banyak Teman

Orang yang berpikiran positif akan memiliki banyak teman, dikarenakan orang dengan pikiran positif akan terhindar dari pikiran jahat dan buruk tentang temannya. Manfaat hidup rukun dengan teman, akan membuat orang yang berada dalam lingkungan memiliki prasangka yang baik.

  1. Mengatasi Masalah dengan Tepat

Manfaat berpikir positif jika sedang ditimpa masalah, dia akan berusaha berfikir dengan kepala yang dingin sambil memikirkan jalan keluar dari masalahnya tersebut. Energi yang dimilikinya tidak akan dibuang begitu saja namun digunakan untuk mencari cara jalan terbaik dari masalah yang dihadapinya.

  1. Terhindar dari Ceroboh

Orang yang berpikiran positif selalu berpikiran dingin sehingga dia akan terhindar dari sifat ceroboh dalam mengambil keputusan. Banyak orang yang berpikiran panas tergesa-gesa dengan keputusan yang diambilnya. Akibatnya adalah langkah ceroboh dan keputusan yang ceroboh bisa dia ambil begitu saja.

  1. Hidup Lebih Terarah

Berpikiran positif bisa membuat kehidupan seseorang lebih terarah dan lebih fokus. Dengan keoptimisan yang dia miliki, dia tahu bagaimana menjalani hidupnya dengan baik. Dia juga tahu apa yang ingin dicapainya dan dengan cara apa. Dengan pemikiran positif dan maju seperti itu membuat orang yang memiliki pikiran positif memiliki hidup yang lebih terarah.

  1. Hubungan Keluarga dan Pasangan yang Harmonis

Pikiran positif akan membuat seseorang memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan pasangannya. Hal itu dikarenakan tidak ada sifat pikiran negatif, curiga terhadap pasangan dan keluarganya. Hubungan keluarga dan pasangannya pun akan harmonis dengan pikiran positif yang dimilikinya.

  1. Menjadi Pribadi Pemberani

Sifat pemberani akan dimiliki oleh orang yang memiliki pikiran positif. Hal itu dikarenakan orang dengan pikiran positif akan berani mengambil resiko dan mengatasi setiap resiko yang datang kepadanya

  1. Menjadi Diri Sendiri

Orang yang memiliki pikiran positif akan selalu berusaha menjadi dirinya sendiri. Dia tidak ingin menjadi seperti orang lain. Hal itu dikarenakan dengan manfaat berpikiran positif, akan selalu bersyukur dengan apa yang ada di dalam dirinya dan menjadikan kelebihannya sebagai kekuatan. Tidak ada rasa ingin meniru kekuatan orang lain dan menjadi seperti orang lain.

  1. Pribadi yang Pantang Menyerah

Optimis akan membuat seseorang menjadi pribadi yang tidak akan mudah menyerah. Jika dia terjatuh dia akan bangkit kembali sampai dia berhasil mencapai apa yang di cita-citakannya. Kegagalan dianggapnya sebagai ujian yang bisa membuatnya lebih semangat dan tegar. Orang pesimis jika gagal akan berhenti mencoba karena kecemasan dan kekhawatiran timbul dari pikirannya sendiri.

  1. Memiliki Sikap Lapang Dada

Manfaat berpikir positif akan membuat seseorang bersikap lapang dada terhadap apa yang dihadapinya. Orang yang optimis akan sabar, tidak marah, tidak kecewa, tidak kesal dan tidak sedih saat harapannya belum bisa tercapai. Orang dengan pikiran positif akan menanamkan dalam pikirannya bahwa hari ini boleh gagal tapi besok tidak akan gagal. Masih banyak kesempatan untuk dirinya dalam mencapai apa yang menjadi harapan dan cita-citanya.

Manfaat Berpikiran Positif Bagi Kesehatan

Tanpa disadari, jika kita memiliki kebiasaan berpikiran positif akan berdampak baik pula untuk kesehatan, seperti berikut ini :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengkonsumsi makanan sehat seperti manfaat buah buahan, berpikiran positif bisa menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Havard, optimis bisa menyehatkan jantung karena bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang memiliki pikiran optimis, hati dan pikiran akan tenang sehingga bisa berpengaruh pada kerja jantung.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat pola hidup sehat dengan berpikiran positif, akan menjaga tekanan darah seseorang tetap stabil. Hal itu disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  • Orang dengan pikiran positif memiliki pikiran yang tenang dan hati yang tenang. Kedua hal itu menghindarkan seseorang dari suasana hati yang panas dan pikiran panas.
  • Orang yang selalu negatif thinking, hati dan pikirannya akan panas. Dia mudah emosi dan cemberut. Akibatnya adalah tekanan darah akan naik dengan cepat.
  • Stress yang lebih rendah juga dimiliki oleh orang yang optimis. Akibatnya adalah tekanan darah cenderung stabil dan normal. Orang dengan pikiran buruk memiliki stress yang berlebihan sehingga tekanan darah juga akan mneninggi.
  1. Memiliki Umur Panjang

Meski umur ada di tangan Tuhan, namun banyak penelitian menemukan fakta bahwa orang yang memiliki pikiran positif akan lebih berumur panjang karena jiwa dan raganya lebih sehat.

Berpikiran positif akan memberikan dampak yang bagus terhadap psikologis dan kejiwaan seseorang. Kondisi psikis dan jiwa yang sehat, tubuh pun akan menyehatkan badan juga. Oleh sebab itu banyak dokter yang menyarankan pasiennya untuk selalu berpikiran positif agar bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Kerugian Berfikir Negatif

Pikiran negatif akan sangat merugikan diri sendiri. Jika diulangi terus menerus akan mengakibatkan seseorang terkena depresi atau gangguan mental. Hal itu dikarenakan dalam kehidupan orang tersebut hanya diisi dengan ketakutan dan kecemasan. Ketakutan dan kecemasan yang ada dalam pikiran belum tentu terjadi sehingga tidak perlu dipikirkan terlalu dalam.

Sebaiknya, kehidupan diisi dengan rasa gembira dan optimis bahwa dia bisa melalui apapun yang akan terjadi. Manfaat berpikir positif dan optimis akan membuat seseorang tahan banting terhadap segala situasi, karena selalu percaya dengan kemampuannya. Dalam dirinya selalu ditanamkan kata-kata “AKU PASTI BISA DAN HARUS BISA.”

Semoga anda dapat merasakan efek manfaat berpikiran positif secara langsung untuk hidup yang lebih baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share 

Pos ini dipublikasikan di Kutipan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s