Ekonomi RI Sudah Terjajah ?


“Saat ini Indonesia sudah terjajah secara ekonomi . Paling tidak ada empat indicator yang menunjukan Indonesia sudah terkolonialisasi, yaitu sumber buruh murah, eksploitasi sumber daya alam, tempat akumulasi modal, dan menjadi pasar produk asing”. Saat ini buruh Indonesia memiliki tingkat upah yang paling rendah di ASEAN. Berbagai Negara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, apalagi Singapura, sudah di atas Indonesia.

“Oleh karena itu, sangatlah wajar jika buruh kita terus-menerus malakukan demonstrasi kenaikan upah. Dilihat dari struktur biaya, buruh Indonesia pun hanya mendapat alokasi yang sangat sedikit, yakni di bawah 10% dari total biaya, sedangkan rata-rata di Negara ASEAN biaya upah pekerja sudah mencapai 23% dari total biaya.”

 Padahal, sebagai negara yang subur, sangat memungkinkan mendorong pertanian untuk meningkatkan produksi beras. Sejarah sudah membuktikan Indonesia pernah mampu menjadi negara pengekspor beras. Masalah paling mendasar yang harus diperhatikan para pemuda dan calon-calon pemimpin adalah terdiktenya bangsa kita seolah-olah hanya bisa menjadi bangsa konsumen. Padahal , sebenarnya bangsa Indonesia sangat bisa untuk menjadi bangsa produsen dalam bidang apapun.

Contohnya dalam pembuatan produk yang paling rumit seperti pesawat terbang yang memiliki 68.000 komponen, Indonesia sudah bisa sejak 10 tahun lalu. Artinya produk semacam mobil nasional (mobil canggih hanya memiliki 15.000-20.000 komponen), di pastikan mampu diproduksi Indonesia.

Coba kita simak,,

Aqua? (74% sahamnya milik Danone prsh Perancis) atau Teh Sariwangi (100% saham milik Unilever Inggris. Minum susu SGM (milik Sari Husada yg 82% sahamnya dikuasai Numico Belanda).

 Lalu mandi pake Lux dan Pepsodent (Unilever, Inggris). Sarapan berasnya beras impor Thailand (BULOG pun impor), gulanya jg impor (Gulaku). Santai abis makan rokoknya Sampoerna ( 97% saham milik Philip Morris Amerika). Keluar rumah naik motor/mobil buatan Jepang, Cina, India, Eropa tinggal pilih.

Sampe kantor nyalain AC buatan Jepang, Korea, Cina. Pake komputer, hp (operator Indosat, XL, Telkomsel smwnya milik asing; Qatar, Singapur, Malaysia). Yuk belanja ke Carefour, punya Perancis klo gitu ke Alfamart (75% sahamnya Carefour). Bgmn dg Giant? Ini punya Dairy Farm Internasional, Malaysia pemilik yg sm dg Hero.

Malam2 iseng ke Circle K dari Amerika. Ambil ATM di BCA, Danamon, BII, Bank Niaga ah semuanya udh milik asing walaupun namanya msh Indonesia. Bangun rmh pake semen Tiga Roda Indocement skrg milik Heidelberg Jerman (61,70%). Semen Gresik milik Cemex Meksiko, Semen Cibinong punyanya Holcim (Swiss). Masih banyak lagi kalo mau diterusin. Btw BB andapun buatan Cina, beda tipis sm sy punya buatan Canada.

Sadarkah Indonesia saat ini sedang terjajah? Bahkan untuk hidup di negeri ini pun sulit.

Tenang, Minimal kita masih punya koruptor2 Asli Indonesia!!!

Mantap kann!!!

Sumber: baca sana-sini, koran, majalah, BC dari BBM de el el.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s