Doel Sumbang, memprotes hilangnya mata pelajaran Bahasa Sunda.


demo

VIVAnews – Kurikulum Pendidikan Nasional 2013 mendapat banyak kecaman. Salah satu kecaman datang dari penyanyi asal Jawa Barat, Doel Sumbang, yang memprotes hilangnya mata pelajaran Bahasa Sunda.

“Mau dibawa ke mana sebuah suku bangsa, bila bahasanya punah. Pemimpin Jawa Barat yang mendukung kurikulum ini harus diturunkan,” kata Doel Sumbang saat pertunjukan ‘Malam Dongdang 5’ di gedung pertunjukan legendaris majestic Bandung, Rabu 3 Januari 2013.

Ia mengatakan Jawa Barat bukan hanya butuh gubernur, tapi butuh pemimpin. “Gubernur cuma orang yang gemar umbar janji banyak hal di banyak tempat. Pemimpin adalah tauladan yang membangun dan menjaga tradisi,” katanya di hadapan pasangan calon gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masuki.

Doel sangat kahawatir dengan mulai terkikisnya banyak budaya terutama Bahasa Sunda. Kekhawatirannya bertambah ketika banyak kebijakan dari tingkat pusat hingga daerah yang justru semakain mengucilkan sebuah tradisi budaya. Uji publik yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan mengungkap, kurikulum baru meniadakan muatan bahas lokal dalam materi pendidikan.

Ia secara pribadi menolak semua upaya pengucilan nilai tradisi dan budaya. Doel mengatakan akan melakukan perlawanan sesuai kemampuannya dalam menolak kebijakan ini.

“Salah satu perlawanan, saya bikin lagu Sunda terus tidak peduli laku atau tidak. Saya terus berkarya bukan cari untung. Saya berkarya karena saya tidak ingin bahasa sunda punah,” katanya.

“Mau jadi suku apa orang Sunda kalau bahasanya punah. Terserah orang mau bilang apa, minimal saya yang akan menjaganya. Saya yakin banyak seniman dan masyarakat sunda termasuk suku lain yang sepakat dengan saya,” katanya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s