Tips Cara Cepat Mengatasi Kesemutan Tanpa Obat.


Cara-Menghilangkan-Kesemutan-Secara-Alami

Kesemutan merupakan sakit yang cukup sering kita alami terutama orang yang memiliki kebiasaan tidur miring ataupun suka duduk dalam posisi yang lama. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara cepat mengatasi kesemutan tanpa obat. Semoga informasi mengenai cara mengatasi kesemutan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Kesemutan biasanya terjadi karena terhimpitnya pembuluh darah yang menyebabkan tidak adanya aliran darah ke bagian tertentu tubuh kita, biasanya pada kaki dan tangan. Rasa yang ditimbulkan oleh kesemutan ini cukup menyiksa, seperti dikerumuni ribuan semut dengan rasa yang menusuk-nusuk dan rasanya akan meningkat saat kita sentuh atau saat kita memindahkan posisi anggota badan kita yang kesemutan.

Nah sobat sekalian bagi anda yang pekerjaan di dalam ruangan dan mengharuskan anda duduk terlalu lama, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk berdiri atau berjalan sejenak. Bagi anda yang suka tidur miring sebaiknya anda juga mengubah kebiasaan anda karena rentan terkena kesemutan. Sedangkan untuk mengatasi kesemutan yang anda alami secara cepat, anda bisa mencoba cara cepat mengatasi kesemutan tanpa obat berikut ini.

Cara Mengatasi Kesemutan

Kesemutan Pada Tangan

Kesemutan pada tangan terjadi karena adanya hambatan pada aliran darah yang mengalir ke syaraf-syaraf pada tangan. Biasanya terjadi atau kita alami saat kita sedang tidur karena kita tidak menyadari saat kita menghimpit atau menindih tangan terlalu lama. Bisa juga terjadi saat kita menonton TV sambil tiduran miring dan menopang kepala kita dengan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasinya:

1. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan anda.

3. Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri anda.

4. Dengan cara ini kesemutan yang anda rasakan seperti rasa tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah rasa kebas dan itu rasanya tidak menyiksa.

5. Cukup diamkan sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan pada kaki biasanya terjadi saat kita duduk bersila terlalu lama, atau juga bisa terjadi saat kita duduk dalam posisi yang salah terlalu lama sehingga pembuluh darah terhimpit dan menyebabkan terhambatnya aliran darah ke syaraf pada kaki.

Cara Mengatasinya:

1. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri anda.

3. Jika kaki yang kesemutan adalah kaki kiri anda maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan anda.

4. Setelah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang dan hanya tertinggal rasa kebas.

5. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

Namun untuk kesemutan biasa yang disebabkan karena gangguan fungsi pada syaraf bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi syaraf dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Cara untuk mengatasi kesemutan ini sebenarnya saya temukan secara tidak sengaja. Kebetulan waktu itu saat saya bangun tidur, lengan saya mengalami kesemutan akibat salah posisi saat tidur. Tanpa sengaja saya menjulurkan tangan saya yang kesemutan ke atas. Perlahan-lahan saya merasakan aliran darah dari atas ke bawah dan itu tanpa rasa kesemutan yang berarti. Tidak lama kemudian saya mencoba menggerak-gerakkan tangan saya dan alhamdulillah kesemutannya hilang. 

Karena merasa belum yakin, akhirnya saya ber eksperimen lagi, kebetulan waktu itu kaki saya yang salah posisi saat tidur. Saya perlakukan kaki saya seperti apa yang pernah saya lakukan pada tangan saya. Dan alhamdulillah ternyata hasilnya sama, kesemutannya hilang dengan cepat dan rasa kesemutannya pun tidak terlalu berarti. Hal ini terjadi mungkin karena pengaruh gravitasi sehingga darah yang terperangkap di tangan atau di kaki akibat salah posisi bisa kembali ke peredaran dengan cepat.

Bagi anda yang intensitas kesemutannya makin tinggi, semakin lama semakin sering dan semakin barat, serta bidang cakupannya semakin luas sebaiknya anda segera memeriksakan kesemutan yang anda alami ke dokter karena dikhawatirkan kesemutan yang anda alami merupakan gejala dari penyakit yang cukup serius.

Pos ini dipublikasikan di Share. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s