Tak Kenal Maka Tak Sayang..


“Tak Kenal Maka Tak Sayang”

unduhan

Perumpamaan “tak kenal maka tak sayang” memang benar adanya. Bila mengenal seseorang kenalilah orang itu dengan baik, jangan setengah-setengah. Bila mendiami suatu daerah atau negara kenalilah tempat kita berpijak itu dengan baik, jangan setengah-setengah.

Mungkin istilah ini juga dekat dengan perumpamaan dari barat sana, “don’t judge a book from the cover” seperti itulah kira-kira bunyinya. Seperti halnya bila kita membeli buah-buahan seperti pisang contohnya terkadang bila kita melihat kulit luarnya yang tidak mulus pastinya berasumsi isi dalamnya pun tidak bagus. Padahal bila kita tidak mengupasnya, kita tidak akan tahu isi dalamnya seperti apa.

Begitulah gambaran yang saya ilustrasikan untuk mengenal pribadi orang lain. Sebagai makhluk yang bersosialisasi, kita bisa bergaul dan berteman dengan siapa saja, dari kalangan mana saja, semua sah-sah saja. Kalau bisa memang jangan terlalu membatasi diri bergaul dengan golongan tertentu saja, karena pada akhirnya penilaian terhadap orang lain itu bisa saja menjadi negatif dan menganggap kaumnya saja yang baik.

Hanya saja memang manusiawi ya bila belum mengenal orang, tempat atau sesuatu yang baru dengan baik pastinya penilaian negatif itu muncul duluan. Tapi setelah mengenalnya perlahan-lahan kesan buruk atau negatif itu akan lenyap dan biasanya muncul kata-kata “iya…ya…ternyata…” Karena itu, kenalilah segala sesuatu itu dengan baik. Mungkin sulit pada awalnya tapi, bila dibarengi dengan niat pasti bisa. Belajar mengenal karakteristik seseorang, mengenal karakteristik suatu tempat atau daerah, suatu hal yang bagi sebagian orang tidak menyenangkan dan bagi sebagian orang lagi suatu hal yang menyenangkan. Jadi…istilah “tak kenal maka tak sayang” bisa mengakrabkan orang yang tadinya tidak kenal menjadi karib, yang tadinya tidak suka berada si suatu tempat menjadi betah. Benar tidak? 

#Friday
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s