Ada Kenikmatan Berpuasa di Negeri Orang


islamic_center

Apa yang paling dirindukan saat Ramadhan? Ketika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada saya sekitar 5 sampai 10 tahun lalu, maka jawaban saya sederhana. “Saya merindukan es kelapa muda dan kurma yang hadir di setiap buka puasa” atau “saya ingin makan mie rebus dengan telur dadar saat sahur” atau “tentu saja, nggak sabar untuk menanti saat-saat mudik atau pulang kampung.

Siapa sangka, tahun ini  saya merasakan Ramadhan di negeri orang lain, jauh dari keluarga dan memaksa saya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat saya berada saat ini dengan waktu puasa yang hampir 17 jam. Rasa berat dan keluhan, selalu menghiasi setiap jengkal ruang hati ini dalam menunaikan ibadah. Akan tetapi, semangat untuk ikhlas dan berusaha menuai rahmat Allah SWT, tidak menyurutkan niat dan kemauan  untuk berpuasa dan melaksanakan ibadah wajib serta sunnah sepanjang Ramadhan.

Pertama kali saya melaksanakan Ramadhan di negeri orang, saya tidak sendirian dalam merasakan beratnya melaksanakan ibadah puasa, ada teman-teman muslim lain yang harus menunaikan Puasa Ramadhan sekaligus menunaikan tugas sebagai   seorang pegawai/karyawan di sebuah perusahaan di negeri ini.

Hal yang paling saya rindukan ketika bulan Ramadhan di Indonesia. Setiap Ramadhan, selalu ada Pasar Jajan dadakan di setiap pinggir jalan menjelang sore yang menjadi tradisi dan tempat favorite untuk ngabuburit, serta masakan lezat buatan ibunda tercinta, yang selalu tersedia saat sahur dan berbuka.

Melaksanakan puasa jauh dari keluarga tidak harus membuat  merasa sedih dan kesepian. Tentu saja, rasa rindu akan kebersamaan saat sahur dan berbuka dengan keluarga selalu terbayang.

#by. Ichad

Ramadhan 1437 H – 2016 M
Los Angeles

Screenshot_1

 

Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s