Indonesia, Negeri Ngobrol Sedunia !


Mengenal Layanan “Chatting” Populer di Indonesia

Saat ini, ada sejumlah layanan yang tengah tren di Indonesia. Apa saja? Berikut kilasannya:

bbm

BBM (Blackberry Messenger) : Dikembangkan oleh Research in Motion, dengan mengacu personal Identification number/PIN di masing-masing perangkat. Kita harus add PIN seseorang untuk bias ngobrol atau berbagi file, baik secara personal maupun group. Belakangan disertai menu menelepon via jalur WiFi (BBM Voice) dan Video Call pada system operasi teranyar, BB 10. Keunggulan terletak  pada komunitas yang mengakar kekurangan pada eksklusifitas dan system server terpusat sehingga pesan kerap lambat terkirim, bahkan tidak sampai sama sekali.

whatsapp

WhatsApp : Dikembangkan oleh WhatsApp Inc, asal Silicon Valley, Amerika Serikat. Sejauh Anda sudah Install WhatsApp dan nomor ponsel kolega ada di buku telepon ponsel maka otomatis masuk aplikasi ini. Fitur ini juga menyertakan group chatting dan emotion yang jauh lebih banyak daripada BBM. Aplikasi ini banyak dipuji karena berhasil menyatukan aneka ponsel dengan lintas nomor operator, namun juga dikritik karena pertemanan tidak berbasis persetujuan pengguna sehingga kurang menghargai privasi.

line

LINE : Dikembangkan oleh NHN, Jepang untuk lintas system operasi. Perbedaan signifikannya adalah kehadiran sticker yang dijual dan menjadi salah satu sumber pendapatan NHN. Sticker ini memang terlengkap dan benar-benar ekpresif, makanya cocok bagi segmen anak muda. Aplikasi ini juga menyediakan layanan telepon gratis berbasis paket data internet. Fitur unik lain adalah Shake Its! Yakni mengocok sesame ponsel pengguna memperoleh teman baru.

wechat

WeChat : Hasil Kreasi Tencent, Cina. Meski sama-sama juga menawarkan layanan ngobrol, terobosan menu terletak pada look Around, Shake, Drift Bottle. Look Around bisa menjangkau sesame pengguna yang tak dikenal dalam radius tertentu dan Shake adalah menggoyang ponsel barengan guna meraih pengguna baru. Sementara Drift Bottle adalah menyimpan pesan kita di botol untuk dibuang ke lautan virtual. Pengguna lain seluruh dunia nanti akan “menemukan” botol, untuk kemudian jadi kesempatan berkenalan dan memiliki teman baru.

kakao talk

Kakao Talk : Dibuat oleh Kakao Corp, Korea Selatan. Diferensial produk terletak pada gratis telefon dan SMS bagi sesame penggunanya. Group Chatt yang dibuat juga tanpa batasan jumlah anggota. Kita bisa mencari orang yang sudah menggunakannya untuk dijadikan kawan. (Muhammad Sufyan, Rolly Awangga)***

Macam-macam chatting dan Contohnya.

         Jenis Chatting                 Contoh Aplikasi
Program chatting :AOL, AppleMessages, Camfrog, Gtalk,
konvensional IRC, MUD, Paltalk, QQ, Skype, Talk, 
  TeamSpeak, WhatsApp, Yahoo Messenger
Program chatting dengan :Adium, Google+, Hangsout, Kopete, IBM,
protokol multi Sametime, Windows Live, Messenger, Pidgin,
  Miranda IM, Quiet Internet Pager
Program chatting dalam :eBuddy, Facebook, Gmail, Cryptocat, Convore,
bentuk layanan di portal Filmon, MeBeam, Mibbit, Trilian, Userplane,
  Woo Media, Wireclub, Zumbl

Sumber: Sharing Vision, 2013

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Update. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s