Tips membuat CV ketika melamar pekerjaan


Ketika melamar suatu pekerjaan atau membuat CV, ada hal-hal yang sebaiknya kamu terapkan, supaya pekerjaan idaman sudah pasti ada di genggaman.

JUJUR.

Jangan pernah mencantumkan hal-hal yang tidak benar alis bohong atau yang tidak pernah kamu lakukan ke dalam curriculum vitae hanya agar terdengar hebat. Ingatlah, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya pasti kan jatuh juga.

BAHASA YANG SOPAN DAN LUGAS.

Biarpun pergaulanmu oke, gunakanlah bahasa yang sopan, singkat, dan to the point (alih-alih bahasa gaul). Tidak perlu terlalu panjang sampai bertele-tele jadinya. Untuk diskusi lebih lanjut, cantumkan bahwa kamu bersedia dihubungi melalui e-mail terpisah atau pertemuan wawancara.

ATTACHMENT.

Kadang, karena sesuatu hal, lampiran (attachment) yang kamu sertakan di e-mail tidak bisa dibuka. Sebagai antisipasi, selain memasukan Application Letter (Surat Pengantar) dan CV ke dalam satu attachment, sertakan pula resume ke dalam satu surat pengantar di bagian pesan.

JANGAN MELAMAR DOBEL UNTUK SATU PERUSAHAAN.

Hindari melamar untuk dua posisi yang berbeda di satu perusahaan. Mentang-mentang melamar di internet tinggal klak-klik saja, resikonya kamu terkesan sekedar coba-coba dan tidak punya pendirian.

SKRIPSI DI PERUSAHAAN.

Magang atau mengerjakan tugas akhir (skripsi) di perusahaan bisa kamu cantumkan sebagai nilai tambah di kolom Pengalaman Kerja. Ini penting, khususnya bagi kamu yang baru lulus kuliah dan sudah tidak sabar untuk segera terjun ke dunia kerja.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tips & Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s