Pilih Tablet, Notebook, atau Ultrabook?


gadget-1

PERKEMBANGAN teknologi saat ini sangatlah cepat, Hanya selang beberapa bulan, pasti akan muncul gadget baru yang jauh lebih mumpuni, bahkan mungkin lebih murah. Hanya dalam tiga decade, perkembangan dunia komputer terus berevolusi, mulai dari desktop personal computer (PC) yang berjaya era 1980-an, lalu mengecil menjadi laptop, kemudian berubah menjadi lebih ringan dengan netbook.

Sejalan dengan perubahan komputer, teknologi telepon seluler juga berkembang pesat yang juga kemudian berevolusi menjadi produk tablet. Kini, perkawinan antara komputer dan telepon seluler juga terjadi dengan lahirnya ultrabook.

Masalahnya sekarang adalah, jika kita akan membeli, gadget yang mana yang harus kita beli? Berikut adalah beberapa pertimbangan bijak yang dapat dijadikan panduan sebelum kita memutuskan membeli gadget yang akan digunakan.

1. KEBUTUHAN

Pastikan kita membeli apa yang kita perlukan, bukan kita inginkan. Meskipun sifat dasar manusia selalu menginginkan semuanya, terdapat banyak pertimbangan logis yang harus dilakukan. Pastikan dahulu kebutuhan kita membeli gadget untuk keperluan apa, apakah untuk bekerja atau bermain. Untuk pekerjaan dan permainan pun dapat dibagi menjadi beberapa kategori, apakah memerlukan spesifikasi komputer yang hebat atau yang biasa-biasa saja.

Komputer dengan spesifikasi super biasanya dipakai untuk pekerjaan “berat” seperti penyuntingan video, desain grafis, atau permainan (game) karena memerlukan kualitas grafis yang sempurna. Namun jika keperluan hanya untuk mengetik dengan menggunakan aplikasi Microsoft  Word atau hitung-hitungan seperti Microsoft Excel. Anda mungkin dapat membeli netbook. Jika  ingin lebih ringan, maka tablet juga dapat menjadi pilihan. Saat memerlukan yang lebih simpel dengan menggabungkan fungsi tablet dan notebook, maka ultrabook dapat dipilih.

2. SESUAIKAN DENGAN BUDGET

Pilihan yang telah dilakukan akan sangat berkaitan erat dengan budget yang akan dikeluarkan. Tentu saja jika kita memilih gadget high end maka Anda akan merogoh kantong jauh lebih dalam dibandingkan dengan membeli yang biasa-biasa saja. Pembelian sesuai dengan budget yang tersedia akan menjadi pilihan paling bijak dibandingkan dengan yang yang sesuai dengan kemauan (bukan kebutuhan).

Untuk gadget dengan kemampuan yang sama, harga yang ditawarkan dapat bervariasi, tergantung brand-nya. Tingkat  kepercayaan yang tinggi dari calon pembeli terhadap brand terkenal menjadi menjadi  bagi brand itu untuk memasarkan produknya. Namun, jangan salah, beberapa brand tak terkenal seperti buatan cina atau lokal justru memiliki kemampuan yang sama dengan harga yang lebih miring.

3. PILIH SPESIFIKASI YANG ANDAL

Setelah memutuskan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia, maka pastikan spesifikasi komponen penyusun gadget  yang akan dibeli memiliki kemampuan yang andal. Komponen utama penyusun gadget salah satunya prosesor yang menjadi otak  bagi hidup matinya sebuah gadget. Harga yang tinggi biasanya memang sebanding dengan kemampuan teknologi dan keandalan komponen utama gadget . Sebelum mengambil keputusan yang tepat untuk membeli, pastikan Anda telah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang gadget tersebut.

4. PASTIKAN JAMINAN PURNA JUAL

Terakhir, sebelum membeli  pastikan komputer yang kita beli bergaransi. Barang elektronik adalah barang yang sangat ringkih dan sangat rentan rusak jika kita tak tepat memperlakukannya. Jaminan purnajual yang diberikan penjual akan memberikan kenyamanan dan kepastian bagi pembeli terhadap barang yang dibelinya. Tanyakan pada penjual tentang jaminan purnajual ini. Jika tidak ada, hmmm…lebih baik anda memilih produk atau penjual yang lain. (Deni Yudiawan/”PR”)***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Share. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s