Stadiun Utama Sepakbola (SUS) Gedebage


photo:detik.bandung

Target finis pembangunan Stadiun Utama Sepakbola (SUS) Gedebage ini pada akhir 2012 mendatang. Anggaran membangun stadion megah ini hinggaselesai menghabiskan dana sekitar Rp 600 miliar.
Stadiun Utama Sepakbola (SUS) Gedebage bakal menjadi stadion berkelas internasional yang berlokasi di Kota Bandung. Hingga kini proses pembangunan SUS Gedebage baru rampung 43 persen.

BANDUNG, (PRLM).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dipastikan akan membantu anggaran untuk pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage. Bahkan Pemprov berkomitmen pembangunan SUS Gedebage selesai pada tahun 2012.

Kepastian itu didapat setelah, Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi di diundang Gubernur Jawa Barat untuk membahas masalah SUS Gedebage pada Rabu (9/11).

Menurut Edi, dalam pertemuan tersebut sekaligus memberi kabar menggembirakan dari Provinsi Jawa Barat mengenai bantuan pembiayaan SUS Gede Bage. “Setelah terseok-seok tentang kepastian bantuan dana dari pemprov, kini sudah ada titik terang. Kini sudah ada semangat yang luar biasa dari Pak Gubernur untuk menuntaskan SUS Gedebage,” ujar Edi kepada wartawan di sela-sela acara program Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) di Kawasan Cibaduyut, Rabu (9/11).

Dikatakan Edi, pihak Pemprov Jabar telah menyetujui mengenai sharing pembiayaan dengan Pemkot Bandung. “Niat Walikota dan Gubernur ingin tuntas pada 2012 dan bisa digunakan. Itu semua atas sharing pembiayaan bersama,” katanya.

Namun disinggung mengenai dana yang akan dikucurkan Pemprov Jabar, Edi mengaku belum mengetahui besarannya. “Formulasi angkanya belum ketemu, paling silahkan bisa dicek ke Dewan (DPRD) untuk mengetahui jelasnya,” ujar Edi.

Anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan seluruhnya ialah tinggal Rp250 miliar. “Mudah-mudahan porsi bantuannya lebih besar Provinsi,” ujarnya. Belum diketahui besaran bantuan yang digelontorkan Pemprov pun membuat Pemkot belum menentukan besaran suntikan dana bagi SUS Gedebage.

Hanya saja Edi mengungkapkan dengan adanya komitmen bersama itu, pihaknya optimis pembangunan SUS Gedebage tersebut bisa tuntas pada 2012 mendatang. “Yang paling penting kan semangat untuk menuntaskan pembangunan SUS Gedebage ini sudah ada. Dan sekarang sepakat proyek SUS Gedebage diselesaikan hingga tahun 2012,” katanya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terhambatnya masalah dana, Pemkot Bandung pernah mengupayakan mengirimkan surat kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga serta ke DPR RI terkait permohonan bantuan keuangan untuk pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage. Dilayangkannya surat permohonan dengan harapan proses pembangunan SUS Gedebage bisa rampung pada 2012 mendatang sesuai dengan jadwal sebelumnya.

Walikota Bandung Dada Rosada mengungkapkan surat tersebut dilayangkan sebulan lalu dengan harapan bisa memperingan beban Pemkot Bandung dan juga Pemprov Jabar. “Kita sampaikan surat permintaan bantuan kepada Kemenpora dan juga DPR RI sekitar satu bulan lalu, namun sampai sekarang belum ada tindaklanjut mengenai surat tersebut,” kata Dada beberapa waktu lalu.

Dada pun menyebutkan pada surat tersebut meminta bantuan sekitar Rp100 miliar agar target bisa tercapai pembangunan stadion bertaraf internasional. “Bila SUS Gedebage ini terwujud bukan hanya nama Kota Bandung saja yang harum, juga Pemprov Jabar bahkan Indonesia pun terbawa,” ujarnya. (A-113/das)***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Olah Raga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s