All About Mood


Kenapa kita Moody ?

Menurut buku Kamus Lengkap Psikologi karangan C.P. Chaplin, mood diartikan sebagai suasana hati yang dipengaruhi oleh emosi. Tapi emosi yang dimaksud di sini bukan emosi yang kers (meledak-ledak), melainkan emosi yang halus namun bersifat transitoris (gampang berubah-rubah).

Kenapa kita Moody? Sebelum lanjut membahas tentang sebab musabab kita jadi moody, coba baca dulu yang ini: Kata banyak orang, moody itu nggak baik, soalnya orang yang moody berarti orang yang kekanak-kanakan. Nggak bisa ngendaliin diri, nggak bisa beradaptasi, egois, bla bla bla,,,Betul banget! Cuma “hukum”  itu sebenarnya berlaku buat orang yang udah masuk kategori dewasa. Kalau buat yang masih remaja/abg, moody justru sesuatu yang normal.

Moody adalah a part of being an adolescent!  why? Soalnya saat kita moody, kita bakal banyak belajar dari efek yang ditimbulkan oleh mood tadi terhadap pola pikir, sikap, dan tingkah laku kita. So, sekarang balik ke pertanyaan gede di atas. Ada beberapa hal yang bisa dibilang sebagai “biang kerok” kita menjadi moody. Diantaranya:

  • Pengaruh perubahan hormon-hormon tubuh. Body, mind, and soul itu satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan. 
  • Perang batin! Di satu sisi kita sering ngerasa muak dianggap sebagai anak kecil. Pokoknya kita pengen banget dianggap dewasa dan jadi sosok yang independen.
  • Cemas tiada akhir, bukannya hiperbolis nih, Tapi coba aja dipikir-pikir lagi, banyak banget lho hal-hal yang bikin kita cemas setiap hari.
  • Kangen the funniest things of being a child. Man, meskipun saat ini kita sering ngerasa muak dianggap anak kecil terus, tapi nggak bisa dipungkiri kalo masa kecil itu bener-bener indah. Disayang, dimanja, bebas ngomong dan bertingkah seenak-udel, selalu dimaklumi walau bikin kesalahan gede…yang kayak gitu pengen diulang lagi, cuma udah nggak bisa lantaran udah banyak “tuntutan” dari lingkungan.(***).
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s