Akan Seperti Apa BBM di Android ?


Tampilan aplikasi blackberry Messenger versi beta di flatform Android (the next web).

Tampilan aplikasi blackberry Messenger versi beta di flatform Android (the next web).

Desas-desus kemunculan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat Android dan iOS mulai terjawab. Tidak lama lagi, aplikasi pesan instan dari Kanada itu akan segera hadir di ponsel Android dan iOS.

Melansir laman The Next Web, Jumat 2 Agustus 2013, BlackBerry mengumumkan tengah menguji BBM untuk Android dan iOS. Pengujian melibatkan beberapa orang untuk mencobanya.

Undangan pengujian diberikan kepada sejumlah anggota di BlackBerry Beta Zone yang sebelumnya pernah mendaftar untuk mencicipi BBM di ponsel Android dan iOS.

Seorang juru bicara BlackBerry mengatakan, pengujian BBM di Android dan iOS ini masih dalam tahap pengujian internal. Hanya melibatkan karyawan, keluarga, dan calon teman untuk berpartisipasi dalam uji coba terbatas ini.

Situs BlackBerryOS.com pun telah memposting gambar tampilan aplikasi BBM di Android dan iOS. Meskipun versi Beta memiliki ukuran yang lebih lebar, tapi setelah resmi dirilis ukurannya tidak akan berbeda jauh.

Dikutip dari laman Tech Crunch, aplikasi BBM untuk Android baru bisa digunakan pada perangkat yang sudah memakai Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau lebih tinggi.

Sementara itu, untuk perangkat iOS belum diumumkan oleh BlackBerry. Tapi, menurut kabar, aplikasi BBM di iOS baru bisa digunakan pada sistem operasi iOS 6 ke atas.

“Aplikasi BBM tidak akan diluncurkan pada akhir Juli, tapi paling telat tanggal 21 September tahun ini. Sabar, sebentar lagi Anda bisa mulai mengunduh aplikasi BBM untuk Android di Play Store,” kata Managing Director BlackBerry India, Sunil Lalvani, beberapa waktu lalu.

Inilah beberapa tips terkait BBM di Android yang konon terealisasi September 2013 mendatang.

  • Sisitem operasi Android yang bisa menjalankan  BBM minimal versi 4.0/Ice Cream Sandwich.
  • Pemakai BBM yang akan pindah ke Android, jangan lupa Blackberry ID lengkap password-nya. Tanpa  ini, kita harus mulai lagi dari awal untuk invite semuanya.
  • Aplikasi BBM yang akan pindah ke Android akan generate PIN, seolah-olah Android kita memiliki PIN seperti pada Blackberry. Pada Android, kita juga harus membuat Blackberry ID sebagai sarana mengakses BBM dan menyimpan data.
  • Untuk mengundang rekan lain berhubungan melalui BBM, bias melalui barcode/NFC jika Androidnya mendukung . Juga bisa melalui nomor telefon dan almat email yang akan menginfokan  rekan yang akan dihubungi untuk mengunduh aplikasi BBM yang sama.
  • Profile Picture BBM di Android mirip apa yang ada di Blackberry sekarang dan bisa diganti gambar bergerak jenis GIF,  lengkap pesan pribadi dan update status sesuka hati.
  • Selain teks, BBM di Android juga bisa mengirimkan gambar, termasuk notifikasi berlambang D (deliver) yang berarti pesan terkirim dan R (read) sudah dibaca.
  • Tentu saja emoticon, lingkaran muka kuning dengan berbagai macam ekspresi untuk menambah bobot kalimat tetap eksis! Lalu, pesan gagal terkirim ditandai X.
  • Selain Personal, komunikasi bisa langsung dengan beberapa rekan (multiperson chat).
  • BBM Group tetap ada, bisa diisi maksimal 30 anggota. Dalam group kita bisa berbagi , to di list, dan event di kalender.
  • PING! Sebagai penarik perhatian untuk segera membaca pesan yang dikirim tetap ada dan mengeluarkan bunyi khisus pada perangkat kawan yang dikirim.
  • Broadcast messenger bisa dilakukan pula di BBM Android dan kalau kita tidak menyukainya, kita memiliki kebebasan me-ngeblok orang yang tidak kita inginkan.

Itulah beberapa gambaran akan seperti apa BBM di Android, selamat bersabar menantikan kedatangannya. Have fun!

Sumber: – teknologi.news.viva.co.id dan Lucky Sebastian (Pendiri Gadtorade, pakar android di Indonesia Asal Bandung).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Gadget. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s