Presiden Minta Viking dan Jakmania Berdamai


Bandung, (PR). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaruh perhatian pada perselisihan antara pendukung Persib, Viking, dan The Jakmania, julukan suporter Persija.Yudhoyono mengharapkan, perselisihan kedua kubu dan perselisihan antar suporter lainnya di Indonesia yang sering kali terjadi, dapat segera diakhiri.

“Keinginan SBY ini diungkapkan secara langsung kepada saya ketika beliau berkunjung ke Bandung Barat, Minggu (25/4) lalu,” kata kepala Staf Garnisun (Kasgar) Bandung Marsekal Pertama Wahyudin Karnadinata pada diskusi dan silahturahmi bersama pihak kepolisian, manajemen Persib, dan bobotoh Persib di Aula Polwiltabes Bandung, Jln. Merdeka Kota Bandung, Senin (25/4) malam.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kasgar Jakarta untuk memfasilitasi dan mempertemukan perwakilan Viking dan Jakmania. Perselisihan kedua pihak ini memang bukan hanya terjadi di dalam stadion. Di luar stadion pun, kedua pendukung selalu menyerukan permusuhan. Hal inilah yang mungkin menjadi perhatian Presiden.

“Kericuhan sudah seharusnya dihentikan. Sebagai warga negara yang beragama dan berlandaskan Pancasila harusnya bisa bertindak lebih baik, santun dan saling berdamai, “katanya. Sementara Ketua Viking Heru Djoko menyambut baik harapan Presiden tersebut. Pihaknya akan segera menyoalisasikan dan mendiskusikan rencana itu dengan bobotoh lainnya. “Secara pribadi saya menyambut baik upaya perdamaian. Namun, itu harus dibicarakan dulu dengan teman-teman yang lain karena masalah itu masih menimbulkan pro dan kontra, “tutur Heru.

Ketua Harian Jakmania Larico Ranggamone yang dihubungi secara terpisah, mengatakan, pihaknya sudah memiliki iktikad baik untuk berdamai dengan Viking. Menurut dia,  upaya perdamaian juga sudah beberapa kali dilakukan saat Persija masih ditangani I.G.K Manila. “Kami selalu berupaya untuk berdamai, tidak hanya dengan bobotoh, tapi dengan suporter lainnya juga kami selalu siap berdamai demi kemajuan sepak bola nasional, “katanya.

Larico mengungkapkan, perdamaian antar suporter pasti akan terjadi secara bertahap. “Suporter pasti bisa berdamai, Cuma butuh waktu. Sebuah perdamaian itu harus jadi pekerjaan rumah bersama, “ucap Larico. (A-190)***   

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Olah Raga. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Presiden Minta Viking dan Jakmania Berdamai

  1. RIZA berkata:

    pak, salam damai…. saya cinta damai. saya cinta Indonesia… Mohon Dukungan!!! saya sedang menyuarakan Perdamaian antar supporter Indonesia. PASTI BISA DAMAIIIIII……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s