Mari, Menimbang Diri


timbanganHeningkanlah waktu sejenak untuk sekedar  menerawang lintasan peristiwa hari ini semenjak menapakkan kaki dari atas tempat tidur sampai sebelum kembali merebahkan diri. Kemudian hadirkan lintasan itu dalam bayangan yang teramat jelas, sehingga kita seperti memutar ulang rekaman kejadian selama seharian penuh.  Dari detik pertama hingga setiap putaran waktu yang berlalu, dari kedipan mata pertama setelah bangun tidur sampai kembali mata ini terpejam kembali, dan dari setiap helaan nafas yang terus berhembus tak hentinya, juga dari hitungan awal langkah, gerak raga, dan lontaran kata hingga sebelum habisnya malam.

Kemudian hitunglah satu persatu perbuatan baik sepanjang hari ini, dimulai dari langkah untuk membasuh muka di sepertiga malam, dan bersyujud di hamparan sajadah, mungkin ada butiran-butiran air bening mengalir membasahi pipi, bahkan hingga menjelang fajar pun masih tergenang sisa-sisa air itu di kelopak mata. Lalu kita lanjutkan langkah ini keluar rumah untuk mencari nafkah/rezeki, mencari ilmu, menyusur jalanan seharian. Berapa banyak dzikir terbilang dari mulut kita sepanjang jalan, berapa banyak permohonan ampunan kita bersama tangan-tangan tertadah.

Adakah yang terlewat dalam putaran rekaman peristiwa itu?.  Atau adakah yang terlupa dalam lintasan-lintasan kejadian dalam hidup dan kehidupan ini?. Bagaimana dengan perbuatan-perbuatan buruk yang tidak kita sadari?.

Maka kemudian, untuk mengetahuinya, ambilah kembali rekaman itu dan putarlah kembali dari awal. Semenjak mata terbuka hingga kembali terpejam, sejak langkah awal hingga kembali keatas pembaringan.  Semuanya, selama nafas terus berhembus dalam setiap kedipan mata dan semua kata yang terucap… Renungkanlah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Renungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s