Viking vs Jakmania


jakmania-viking

Sebanyak 25 orang perwakilan Viking dan The Jakmania hadir menyaksikan penyataan kesepakatan damai itu. Mereka duduk bersama dalam satu ruangan.

Adapun butir kesepakatan damai yang ditandatangani kedua suporter sepak bola itu adalah: Poin pertama, pendukung Persib Bandung Viking dan The Jakmania menyepakati untuk saling menghormati antara suporter untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menimpulkan kebencian, konflik fisik maupun tindakan anarkis lainnya dengan cara mengendalikan seluruh pendukung demi terwujudnya suasana kondusif dalam setiap pertandingan maupun di luar pertandingan sepak bola dimanapun lokasi pertanidangan dilaksanakan khusus di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kedua, Viking dan The Jakmania menyepakati menghentikan pertikaian antara pendukung di setiap pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang berlangsung di wilayah Jawa Barat maupun DKI Jakarta.

Poin ketiga, Viking dan The Jakmania sepakat melaksanakan tugas secara bersama-sama antara ketua, koordinator lapangan dan suporter dengan aparat keamanan dalam pengamanan kegiatan pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta yang melibatkan pengerahan massa dari kedua belah pihak.

Kesepakatan keempat, Viking dan The Jakmania sepakat secara proaktif akan membantu aparat keamanan dalam memelihara dan menjaga keamanan serta ketertiban dengan mengoptimalkan koordinasi yang efektif antara pendukung kedua klub terkait dalam pertandingan sepak bola baik antara Persib dan Persija ataupun pertandingan kesebelasan lainnya serta kegiatan lainnya.

Kelima, Viking dan The Jakmania sepakat dengan islah kedua pendukung dapat meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan guna meraih prestasi sepak bula Indonesia.

Poin keenam, Viking dan The Jakmania sepati mentaati seluruh ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya mematuhi ketertiban berlalu lintas apabila terjadi pelanggaran atau tindak pidana yang harus diselesaikan sesuai dengan prosedur hukum, tidak akan mencampuri atau mengintervensi yang dapat mengganggu proses penyidikan, penuntutan dan persidangan.

About these ads

132 responses to “Viking vs Jakmania”

  1. Triadi says :

    Emmmh,,jadi kitu sejarahna teh..

    • wahyu JAKMANIA says :

      Ahhh,,,,, DAMAI DONK INDONESIA ku.. MALU PERANG MA BANGSA SENDIRI….. Pada kyk ALAY lw semua….

      Coba dipikir…. seru bgd kalo kita maen saut2an yel di stadion yg positif.. kyk halo2 bandung atau whatever….

      udah donk,, VIKING & JAKMANIA DAMAI

  2. hessa says :

    viking selalu di hati

  3. bo'i says :

    ad yg krng ma pnjlsn llo bung…
    cba u cri ge awal’a…

  4. Curke says :

    WOOO GW ANTI VIKING VIKING ITU ANJING…
    The JacK S’lalu diHati …

  5. erty says :

    ceritanye ngarang yg asli ga begitu…..anak the jak lebih tau….sebenernye vikjing jg tau….klo pngn jelas tanya ame pnglima vikjing yg paling pengecut,namenye ayi beuitik…..die yg minta perang ame anak the jak……anak the jak cuma bawain perang yg die minta

  6. o-gleck says :

    Kata Viking aing nu bener, kata The Jak gue juga bener.jadi sampai kapan pun kedua belah pihak merasa benar. Sebenarnya apa see..h yang mereka cari dan mereka permasalahkan….!!! ayo..apa..? apa dong…, ah…puchiii…ng dech.

    • edi says :

      bonex sekali ngatain bonex akan kita tonjok sampe mampus
      gambar the jak kita bakar sampe gosong bakal kita mampusin

      • edi says :

        the jak aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaajjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnggggggggggggggggggggggggggggggggggggg

  7. rahmaniea says :

    ahh, masa the jak mulu si yg di sindir ?? apa bner sejrah nya kaya gnih ??

  8. supporter says :

    musuh jakmania itu banyak… meski hanya berani di kandangnya sendiri jadi inget pas lawan persipura, jakmania di obrak abrik ama supporter persipura… mantaf deh liat cuplikan” video jakmania di hajar abis”an ama supporter persipura…

  9. gha says :

    kalian ttu gkand pernah akur
    karena pikiran kalian ttu mentok
    memendam kebencian
    dari pandangan aq
    kalian ttu dongo apalagi the jak
    kriminal ibukota
    tak berpendidikan
    beda dengan italia
    banyak bentrok tapi berprestasi juara dunia
    tapi indonesia prestasi 0 besar

    • AJEK says :

      berarti anda yang dongo….

      klo masalah prestasi bukan urusan suporter,,,
      suporter hanya mendukung,,,sedangkan pengurus TIMNAS adalah PSSI ,,
      dongo kau,,
      wkwkwkwkwkwkw………….

  10. chandra persib says :

    saya bobotoh PERSIB,anti kekerasan..
    BUKAN bobotoh VIKING..
    berjayalah PERSIBKU..
    MENANG UEY MENANG!!!

  11. rohim says :

    kl skarang banyakan the jak donk

    • Blue Lady says :

      Ga salah tuh!!!
      Mikir dong…The jak cuma sekelompok org dari pinggiran Jakarta,sementara Viking se-Jawa Barat,bahkan tersebar di seluruh Indonesia…
      Makanya kalo ga bisa berhitung pake otak jangan comment….

      • haikal bonek says :

        bener tu dengerin tu kata viking harus mikir pake otak jangan pake otot…… setan!!!!!

      • apunk says :

        THE JAK BABI
        THE JAK ANJING
        THE JAK PECUNDANG SEJATI
        BERANI CUMA NGOCEH DI KANDANG
        GA PERNAH BERANI KELUAR KANDANG.

        JULUKAN YANG PANTAS UNTUK THE JAK ADALAH…..
        MULUT BANCI PANCORAN ( YANG GA BISA KEMANA-MANA )

        By
        JURIG PERSIB

      • kampak fc says :

        gue anak medan mau brkata ju2r,
        the jak memang sedikit di bandingkan viking,the jak kebanyakan masih pelajar,remaja,dan muda-mudi tetapi viking kbanyakan sudah dewasa,tetapi nyali the jak yg menang(sory buat anak2 viking)….
        tetapi nyali the jak digunakan bukan untuk hal yg positif tetapi untuk anarkis…..

        gue sbenernya heran sama the jak dan viking knp musuhan…
        1.the jak dan viking msih satu jawa barat..
        2.sesama macan yaitu maung bandung dan macan kemayoran 3.warna oren dan biru klo di gabungin cocok…
        4.sesama memiliki semangat juang yg sama

        • AJEK says :

          sorry nih mas yang dari medan…]
          kita jakmania mempunyai kenangan pahit yang mungkin anda tidak tahu…
          jadi biarkan pertikaian ini terus berlanjut…

      • pandu says :

        wah kta spa s jaea barat…………??????

    • haikal bonek tazik says :

      monyet….. puguh viking bonek jeung kabo mania……

      nu bener sia teh the jak ataw viking bonek…..

    • ami says :

      y bener2 gue suka gaya loe
      the jak ampe mati
      ok hemmmmmmmmmmmmmmmpt

  12. jisong says :

    Pada hari rabu, 6 januari 2008. Kami the comments dari daerah kepu, atrium senen dan juga kelapa gading memasuki kompleks GBK tepat pukul 15.30 w.i.b.
    Lantas secara berbondong2 memasuki stadion DENGAN PEMERIKSAAN dan juga PENGGELEDAHAN YANG SANGAT KETAT DARI PETUGAS KEAMANAN, bahkan korek api pun tidak diperkenankan untuk dibawa masuk.

    Sesampainya di dalam stadion, kami menonton pertandingan dengan tertib, TANPA PERNAH MENGGANGU KETENANGAN SUPPORTER LAIN, BAHKAN MENYORAKI MEREKA PUN KAMI TIDAK MELAKUKANNYA. Kami semua terfokus pada tim kesayangan kami, PERSIPURA. Teriakan yang datang dari tribun kami semuanya tertuju pada TIM dan PELATIH KAMI, RAJA ISA yang tidak juga menurunkan boas salossa hingga menit terakhir perpanjangan waktu.

    Menjelang berakhirnya BABAK II, Kami mendapat perlakuan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh supporter PERSIJA, dalam hal ini THE JAK! yang melemparkan botol2 minuman, tas plastik berisi air kencing ke arah kami. Awalnya kami tidak membalas tindakan tersebut, tapi kemudian mereka kembali mengulangi hal yang sama yaitu melempari kami. Kami sempat membalas mereka dengan teriakan agar mereka menghentikan aktifitas mereka, karena kami masih berada di tribun bawah. Memasuki adu penalti selesai, mereka malah terus menerus melakukan aksi pelemparan kepada pendukung kami di tribun bawah. Hal ini sangat memancing emosi kami, sebagai manusia kami merasa tidak di hargai di sini. Padahal kami SAMA SEKALI TIDAK PERNAH MEMANCING AMARAH SUPPORTER LAIN. Kami pun tidak mengerti ALASAN APA hingga THE JAK yang pada saat itu belum bermain seperti sengaja MENGUSIK kami dan ini bukan yang pertama kali. Bahkan yang sangat kami sesali adalah aksi petugas keamanan yang menempatkan mereka di atas kami juga lambannya tindakan walaupun kami sempat meneriaki petugas untuk menertibkan THE JAK yang berada diatas kami. Keadaan diperparah ketika kami memutuskan untuk berlari keluar, petugas menghadang kami kemudian THE JAK terus melempari kami dari atas. Inilah yang semakin membakar emosi kami, kami pun bertindak anarkis terutama kepada THE JAK, yang kami anggap telah memulai bara permusuhan. Kami pun di tembaki gas air mata dan peluru hampa.

    Secara logika, kalau saja kami kecewa dengan kekalahan tersebut dan seandainya kami adalah perusuh, yang seharusnya kami serang adalah supporter PSMS MEDAN, tapi nyatanya kami menerima kekalahan tersebut hanya saja KAMI TIDAK TERIMA PERLAKUAN YANG TIDAK MANUSIAWI DARI THE JAK!

    Apa sih maunya THE JAK?

    itu yang kemudian menjadi pertanyaan kami semua. Selama pertandingan Sepak Bola di senayan, Kami supporter PERSIPURA tidak pernah MARAH karena KALAH atau MENGINTIMIDASI SUPPORTER LAIN! Buktinya pada FINAL COPA DJI SAMSOE, walaupun KALAH adu penalti dari SRIWIJAYA FC, toh kita semua pulang dalam keadaan baik2. Kami melihat ini sebagai KEJAHATAN TERORGANISIR dari KUBU THE JAK yang setiap kali ketemu PERSIPURA tidak pernah menang dan selalu berakhir ricuh. Pada FINAL LIGINA 2005, ketika PERSIJA kalah dari PERSIPURA, THE JAK pula yang memancing KERUSUHAN, mereka tidak memandang kami sebagai tamu apalagi manusia. Itulah yang perlu kami tunjukkan pada mereka, agar tidak merasa menjadi RAJA di kampung halaman sendiri lantas berhak SEMENA2 terhadap yang lain. Karena kami masyarakat PAPUA pantang untuk menyerah, apapun kami lawan biarpun kami sedikit dalam hitungan jumlah!!! Peristiwa berikutnya kembali terjadi pada SEMIFINAL COPA DJI SAMSOE, lagi2 PERSIJA KALAH dan THE JAK kembali membuat rusuh, toh kami tetap tenang. kalau kami terpaksa membalas itu semua di karenakan kami berupaya dan BERHAK untuk membela diri! SIAPA SIH YANG MAU MATI KONYOL DISERANG lantas DIAM? dan terakhir peristiwa SEMIFINAL kemarin yang justru sekali lagi membuat kami HERAN, padahal lawan PERSIPURA pada saat itu bukanlah PERSIJA, tapi kok bisa THE JAK menyerang kami? Kami sudah membantu mereka untuk lolos ke senayan, dengan menampilkan permainan biasa2 saja pada partai terakhir 8 besar tapi yang kami dapatkan malah lemparan. Satu nyawa menghilang, bagi kami dalam konteks sebagai upaya pembelajaran ADALAH hal yang wajar dan LUMRAH. AGAR THE JAK TIDAK LAGI SEMENA2 TERHADAP SUPPORTER TIM LAIN YANG DATANG BERKUNJUNG KE JAKARTA dan AGAR MEREKA TIDAK ASAL RUSUH KALAU TIM MEREKA KALAH!!! SEKALI LAGI KEMATIAN ADALAH HARGA YANG PANTAS AGAR MEREKA SADAR AKAN ULAH MEREKA SENDIRI SELAMA INI!! Toh, kami menyadari, kami pun melakukan aksi anarkis yang berlebihan akibat tersulut emosi, TIDAK SEHARUSNYA KAMI MERUSAKI KENDARAAN2 ATAUPUN GEDUNG2 PERKANTORAN. Untuk itu sekali lagi KAMI MEMOHON MAAF atas TINDAKAN ANARKIS KAMI kepada KORBAN PELEMPARAN maupun KORBAN PENGRUSAKAN, adapun kami sama sekali tidak berniat untuk itu. Kami pun berharap THE JAK bisa lebih santun terhadap setiap tamu2nya. Karena pada dasarnya, siapapun yang terpancing akan susah dikendalikan. Sekaligus Kami selalu dan senantiasa BERJANJI untuk tidak pernah MEMANCING AMARAH supporter lainnya, seperti yang sudah2. Silahkan di tanyakan Kepada PENDUKUNG SRIWIJAYA maupun PSMS MEDAN yang terakhir kali bertemu kami di senayan, APA PERNAH MASYARAKAT PAPUA mengusik mereka, walaupun KAMI KALAH? Terakhir bagi PSSI, agar tidak melihat THE JAK hanya karena mereka banyak lantas selalu di prioritaskan agar stadion terlihat ramai. Saya pun sangat menyayangkan sistem kompetisi yang terlalu berputar2. Arti JUARA GRUP/WILAYAH jadi tidak berguna, karena harus mengikuti babak 8 besar lagi. Terakhir sebagai tanah dimana banyak datangnya pemain2 berbakat seperti boas, ortisan, ellie eboi, alex pulalo, christian warobay, erol iba, immanuel wanggai, ian luis kabes, pieter rumaropen, eduard ivak dalam, dll. KAMI SANGAT MENGHARAPKAN KEPENGURUSAN YANG JELAS SERTA ATURAN YANG TEGAS AGAR KOMPETISI YANG AKAN DATANG BISA LEBIH BAIK LAGI. KARENA SAYA PERCAYA, KITA PUNYA BANYAK TALENTA YANG PERLU DIBINA LEWAT SISTEM KOMPETISI YANG JELAS ARAH DAN ATURANNYA, YANG BESOK2 BISA MEMBAWA BANGSA INI BERBICARA LEWAT SEPAK BOLA…!!!

    BRAVO

    a.n THE COMMENTS
    perwakilan persipura mania dan viking banten
    jakarta!!!

    • edi says :

      selamat jak mania yg malang seprti orang gembel suka
      ngamen para seporter viking dan the jak mania bau tai
      kata bonex gapapa di katain anjing kalo ketmu lagi gua tabok
      gua tonjok sampai mati

      • AJEK says :

        ga inget tuh bonek pas harta bendanya di rampas sma aremania +garis keras???
        harusnya malu ngomong gtu…
        wkwkwkwkwkwkwkkk…..

        buat persipuramania itu hanya gesekan biasa dalam sepak bola,,,
        kami pun menganggap perlawanan kalian adalah hal wajar..

  13. jak mania says :

    knp lo smua bnci am the jak?? krna jak rusuh??
    seharusnya kalian ngaca,pa kalian dah jdi supporters yg tertib? suprter yg g rusuh?
    kami g mungkin mengusik klo tdk da yg mengusik.. kami ini manusia biasa,yg tdk luput dri kesalhan… kami bnyak melakukan salah,tpi kami mengoreksi diri.. g kya kalian,yg bsanya menghina tapi g tau asal-usulny.. cma tau dari org yg tau,bkn dari yg mengalaminya..
    bwt semua yg bnci am the jak,introveksi diri deh… semua manusia g da yg smprna.. situ manusia,kami jga manusia.. situ pnya salah,kta pun pnya salah… jnagn maunya menang sndiri..
    BERFIKIRLAH SEBELUM BERBICARA..

    • NJ MANIA says :

      eh jak ga sah mungkirin..
      emank u mah dmn2 rusuh…

      w aje plg nonton di pantekin dluan.jd wajar donk u di slhin smua pihak.\\

      NGERTI U?

      • haikal bonek says :

        monyet tong kitu ka viking bonek bisi di serang ka jakarta ku seluruh viking bonek sa jawa barat anu ngadukung persib persebaya…….

        the jak anjink!!!!!!!!

      • ami says :

        LOE DAH MIKIR BLUM SEBLUM LOE BICARA

        WAT SEMUA YG BNCI THE JAK GUE MW NANYA MA LOE SEMUA APA PERNAH LOE D PUKOLIN MA NAK THE JAK
        MANG THE JAK PUNYA SALAH PA SH

        WEY BUNG KITA TINGGAL D NEGARA YG SAMA
        INDO KGa ada jakarta mana bisa indo masuk asia

        rang ibu kota asia aja jakarta bukan bandung bukan surabaya makanya mikir dulu deh seblum loe kirim komen yg gx penting kaya gneh
        ok
        introgasi dulu idup loe

        loe blum jd suporter yg bae

    • aduy says :

      jak sampah ibu kota ………..
      malu donk viking menang loe rampas…….
      mana harga diri kalian sebagai suporter…..
      The Jak emang sampah ibu kota…….

      salam satu hati dari aduy viking sejati …..

      • ami says :

        wey anjing loe ya viking anjing apa apan loe lw br ani one by one you ama gue

        jngan brni na d kome n doang nak mana loe

        the jak sampa h ibu kota loe semua lalat nya gue ksh tau jn gan pernag loe kirim2 komen gx penting kyaa gto gk penting bngt loe

        dasar viking anjin g

        gue kash alamat gu

        jalan jak mania12 no 1928

        gue pnya anjing nama nya viking n gue pna pembantu nama nya bonek atu agy gue pnya tetangga nama nya arema kpn2 maen y k home gue

        • rohman si laros jenggirat dan bonek sjati says :

          Jancok the jack beraninya d rumah sendiri klo berani kesinio ke kabupaten banyuwangi markas para bonek dan laros jenggirat sejati…
          Klo berani kita adu anjing kita jangan omong doang klo gk punya anjing gak usah ngomong….
          Kamu maw mati pa gak sampek berani ngatain saudara laros

      • galih says :

        plis donk!jgn pada ribut lgi,mank,a pada gk malu pa ribut mulu.malu2in indonesia aja,qta sama2 tinggal di indonesia,malah pada ribut!

  14. NJ MANIA says :

    ASS..

    ade nye bang pitoeng nih NJ mania dr utare..
    salam damai untuk vikink slalu…

    the jak emank bangsat brani nye low die lagi rame…

    nih w SERDADOE BIROE dari utare,siap menghadapi puluhan ribu oren tukang sampah(jak) dari ibu kote…

  15. vIking sejati says :

    HEh dasar the jack tai anjing…
    Emang bnr llo lo pda sirik waktu kita menang kuis siapa berani. Lo serang kita di daerah lo.
    Gw benci the jack, the jack itu anjing neraka..

  16. candil says :

    memang betul kta orng…..

    the jak mania itu adalah smpah ibu kota….

    yg nmanya sampah harus d buang ke tmptnya…

    iya di buang ke ke neraka yg penuh dgn kotoran babi dan anjing….

    satukan mereka dgn para sampah2 yg lain….

    pasoepati dan aremania tak jauh brbeda dgn the jak mania……

    viking-kabo mania-bonek mania-persik… mania

    tetaplah bersatu.

    wahai para north jak mania,apa kalian tdk sdr bahwa kalian sdh di perlakukan sprti anak tiri…..

    bersekutulah dgn kami dlm satu misi dan visi…..

  17. bnonek says :

    cah ues ora opo” …
    cah edan ..
    arema asu ..
    the jak tele karo janco ..
    viking bonek kita saudara …
    re…..
    ayo re …
    suroboyo ..
    suroboyo ..
    arema jancok di bunuh aja …

    BONVISA …
    BONEK VIKING SATU HATI …

  18. bnonek says :

    cah ues ora opo” …
    cah edan ..
    arema asu ..
    the jak tele karo janco ..
    viking bonek kita saudara …
    re…..
    ayo re …
    suroboyo ..
    suroboyo ..
    arema jancok di bunuh aja …

    BONVISA …
    BONEK VIKING SATU HATI …

    THE JAK AREMA MANGAN NE KARO ASU …

    • apunk says :

      THE JAK ITU ANJING
      SEHINGGA SINGO EDAN PUN MENGATAKAN
      ANJING ITU THE JAK….

      SALAM SUKSES UNTUK BONEK

  19. irvan says :

    Perseteruan antar suporter Persija dan Persib sudah berlangsung lama, tepatnya sejak tahun 2000 yaitu bertepatan dengan Liga Indonesia 6 berlangsung. Di putaran 1 sekitar 6 buah bis suporter Persib datang ke Lebak Bulus dan masuk ke Tribun Timur. Mereka terdiri dari banyak unit suporter seperti Balad Persib, Jurig, Stone Lovers, ABCD, Viking dll. Saat itu yang terbesar masih Balad Persib. Meski sempat nyaris terjadi gesekan dengan the Jakmania, tapi alhamdulilah tidak terjadi bentrokan yang lebih luas. Justru suporter Persib bergerak ke arah the Jakmania tuk berjabat tangan. Gw inget banget yel mereka waktu itu : “ABCD… Anak Bandung Cinta Damai”. Selesai pertandingan suporter Persib juga didampingi the Jakmania menuju bus mereka. The Jakmania mengikuti dengan menyanyikan lagu Halo Halo Bandung.

    Penerimaan the Jakmania membuat Viking berniat tuk mengundang datang ke Bandung saat putaran 2. Dialog berlangsung lancar karena seorang Pengurus the Jakmania yg bernama Erwan rajin ke Bandung tuk bikin kaos. Hubungan Erwan dengan Ayi Beutik juga konon akrab banget sampe2 Erwan pernah cerita kalo dia suka sama adiknya Ayi Beutik. Melalui Erwan jugalah Viking menyatakan keinginannya tuk mengundang dan menyambut the Jakmania di Bandung meski mereka sendiri masih khawatir dengan sikap bobotoh yang lain.

    The Jakmania saat itu belum sebesar sekarang. Yang nonton di Lebak Bulus aja cuma di sisi Selatan tribun Timur. Jd bersebelahan dengan Viking. Nah ajakan Viking itu langsung kita bahas, dan kita memang sudah punya niat tuk melakoni partai tandang. Dibentuklah kemudian perencanaan, salah satunya dengan mengutus Sekum dan Bendahara Umum the Jakmania saat itu yaitu Sdr Faisal dan Sdr Danang. Mereka ditugaskan tuk melobi Panpel Persib dari mulai masalah tiket hingga tribun the Jakmania. Kebetulan Danang lagi kuliah di Bandung sehingga tempat kosnya jadi tempat kumpulnya the Jakers disana. Selain mereka berdua memang adalagi yang menawarkan diri tuk bantu seperti Sdr Budi Rawa Belong.

    Jujur gw katakan kita memang belum pengalaman mengkoordinasikan anggota tuk nonton tandang. Tapi yang menjadi masalah justru bukan di koordinator tapi di anggota. Banyak anggota yang bandel daftar pada hari H nya. Jumlah yg tadinya cuma 400 orang berkembang menjadi 1000 orang lebih! Bayangin gimana repotnya kita nyari bis tuk ngangkut segitu banyak orang. Akibatnya kita berangkat baru jam 12 siang! Itu juga terpecah menjadi 3 rombongan. Satu bis berangkat lebih dulu karena akan ganti ban. Disusul 4 bus kemudian. Dan terakhir termasuk gw berangkat dengan 4 bus tambahan.

    Keberangkatan kita sendiri juga masih diliputi keraguan apakah dapat tiket atau tidak. Tim Advance yg diutus mendapatkan kesulitan mencari tiket. 4 hari sebelum pertandingan terjadi kerusuhan di stadion Siliwangi akibat distribusi tiket yang kurang lancar. Ada seorang Vikers yang menganjurkan the Jak tuk hadir di acara khusus pertemuan tim dengan suporternya. Faisal, Danang dan Budi ambil keputusan tuk hadir di acara itu. Disana mereka sempat bertemu Walikota Bandung, Kapolres, Ketua Panpel dan Ketua Keamanan. Mereka semua menjamin bahwa the Jakmania akan bisa masuk dan tiket akan disiapkan khusus. Paling tidak itulah info yang gw dapet dari tim Advance.

    1 bis pertama tiba di Stadion Siliwangi. Viking siap menyambut dan mempersilahkan masuk ke stadion, padahal tiket belum di tangan. Sayang hal yang dikhawatirkan Viking terbukti. Perlahan tapi makin lama makin banyak datanglah bobotoh nyamperin the Jak dengan sikap yang tidak simpatik. Melihat gelagat buruk ini Viking minta the Jak tuk keluar dulu ke stadion sambil menunggu rombongan berikut. Sembari menunggu, beberapa rekan ada yang melaksanakan sholat ashar dulu. Ketika selesai sholat, mulailah terjadi hal2 yang tidak diinginkan. Rekan2 kita mendapatkan pukulan disana sini dengan menggunakan kayu. Salah satunya (gw lupa namanya) tersungkur berlumuran darah yang keluar dari kepalanya. Melihat situasi ini the Jakmania kembali diungsikan menjauh dari stadion.

    Rombongan besar 8 buah bis akhirnya tiba juga. Tapi karena terlambat, stadion Siliwangi sudah penuh sesak. Lagipula kita tetap tidak berhasil mendapatkan tiket. Panpel memang kelihatan salah tingkah dan berusaha mengumpulkan dari calo2 yang masih beredar di sekitar stadion, namun jumlahnya juga tidak memadai hanya 300 lembar. Sementara bobotoh yang masih berada di luar juga mulai melakukan serangan terhadap the Jakmania. Gw sempet coba menenangkan dan cekcok dengan seorang bobotoh yang ngambil dengan paksa kacamata anggota kita. Bobotoh itu bilang kalo dia kesal sama anak Jakarta karena mereka juga diperlakukan dengan tidak simpatik di Jakarta ketika menyaksikan pertandingan Persijatim vs Persib di Lebak Bulus. Mereka tidak mau tau kalo Persijatim tu beda dengan Persija. Seingat gw kejadian ini sempat direkam foto oleh wartawan dari Tabloid GO dan terpampang jelas esoknya di media tersebut. Dan kalo ga salah yang nyerang kita tu pake kaos Stone Lovers dan Persib. Mungkin ada juga yang laen karena gw dah lupa dan kurang jelas.

    Gw lalu ngambil inisiatif tuk nyari rombongan pertama yang dateng duluan dan mengajak mereka tuk gabung ke rombongan besar. Disana gw minta maaf ke semua anggota karena gagal membawa rombongan sampai masuk ke stadion. Di situ dari Panpel juga sempat minta maaf. Namun kondisi ini tidak bisa diterima oleh seluruh rombongan, bahkan mereka juga tidak mau berjabat tangan dengan 3 orang Viking yang masih setia mengawal meski pertandingan sudah berlangsung.

    Ketika rombongan hendak pulang, tiba2 kita diserang lagi oleh bobotoh yang masih nunggu di luar stadion. Kondisi ini jelas tidak bisa diterima. Sudah ga bisa masuk masih juga diserang. Akhirnya kita balas perlakuan mereka. Jumlah bobotoh di luar stadion masih ratusan sehingga terjadilah bentrokan yang mengakibatkan pecahnya kaca2 mobil akibat terkena lemparan dari kedua kubu. Ketika polisi datang, keributan mereda dan the Jakmania mulai beranjak pulang. Sempat pula terjadi bentrok beberapa kali ketika rombongan berpapasan dengan bobotoh yg pulang karena tidak kebagian tiket.

    Beberapa waktu kemudian ketika Tim Nasional akan bertanding di Senayan, Viking Jakarta berniat datang. Gw melihat gelagat kurang baik jadi gw minta mereka tuk selalu jalan berdampingan dengan gw. Ketika pertandingan selesai, ada sedikit cekcok antara beberapa orang the Jakmania dengan pendukung PSIS Panser Biru Jakarta. Gw kemudian meminta Sdr Aceng tuk ngawal Panser Biru hingga mereka pulang. Ketika gw hendak kembali ke rombongan Viking, ternyata mereka sudah diserang oleh sekelompok the Jakmania. Buru2 gw lari kesana dan ngambil lagi syal Persib yang sudah diambil. Viking gw kawal trus dibantu seorang anggota dari Tanjung Duren. Di depan, seorang anggota Viking yang mengalami serangan jantung dibawa naik taksi tuk pulang. Sisanya gw temenin sampe Polda Metro Jaya. Kalo ga salah ad Viking Depok yang namanya Rusdi. Sebetulnya menurut gw serangan the Jak saat itu tidak separah ketika kejadian di Bandung. Toh tidak ada satupun anak Viking yang cedera. Cuma sayang ternyata di antara mereka ada juga yg berasal dari Bandung dan entah apa yang mereka ceritakan disana, Viking langsung membalas ketika kita bertandang ke Cimahi melawan Persikab Kabupaten Bandung.

    The Jakmania awalnya bebas bernyanyi dan memberikan dukungan ke Persija. Tapi Viking yang awalnya berada di seberang tribun kita mulai bergerak menghampiri tanpa ada satupun usaha pencegahan dari Panpel. Ketika dekat mereka langsung meneriakkan kata2 penuh kebencian disertai lemparan benda2 keras dan botol ke arah kita. Salah satunya mengenai Sdri Temi yang langsung jatuh pingsan. Gw coba menelpon Sdr Heru Joko Ketua Umum Viking tuk minta bantuan menghalau anggotanya. Heru saat itu bilang kalo dia masih di perjalanan tapi akan segera datang. Belakangan gw dapat kabar dari seorang wartawan kalo Heru ternyata sudah tiba sejak awal pertandingan …..???!!! Ketika pertandingan usai, Panpel meminta the Jakmania bertahan dulu di tengah lapangan hingga suasana aman.

    The Jakmania kemudian keluar stadion dengan pengawalan ketat. Diluar kita diangkut dengan truk polisi dan panser menuju jalan tol dimana bus2 kita sudah menunggu. Sampai disana kita mendapati bus kita dalam kondisi hancur berat. Salah seorang anggota yang usianya mencapai 70 tahun lebih ternyata sudah berada di dalam bis ketika penyerangan berlangsung. Dia jadi saksi bagaimana seluruh tas dan perbekalan diambil oleh Viking yang tidak bertanggung jawab tersebut. Gw langsung telpon lagi Heru Joko tuk protes keras kenapa dia tidak berusaha meredam amarah anggotanya dan kenapa dia berbohong mengatakan kalo dia belum tiba di stadion. Tidak ada penjelasan apapun yang memuaskan hati gw. Dan mulai saat itu gw pikir sangat sulit tuk berharap hubungan membaik bila pimpinan tidak berusaha tuk meredam api permusuhan ini.

    Sejak saat itulah api dendam dan permusuhan terus berkobar di kedua belah pihak. Puncaknya di acara Kuis Siapa Berani di Indosiar. Acara ini diprakarsai oleh Sigit Nugroho wartawan Bola yang terpilih menjadi Ketua Asosiasi Suporter Seluruh Indonesia. Waktu itu Sigit sempat telpon gw dan minta supaya the Jak yg dateng jangan banyak2 tuk menghindari bentrokan. Gw tunjuk 20 orang peserta dab 3 orang cadangan sesuai permintaan Indosiar, plus 1 orang lagi bagian dokumentasi. Mereka cuma gw ijinin pake 3 buah mobil pribadi, karena kalo gw nyewa bis nanti banyak yang ngikut. Gw sendiri ga ikut acara itu karena harus kerja.

  20. haikal bonek tazik says :

    ia… sok ribut d mna??????

  21. Mang Soleh says :

    Kumaha bobotoh sa alam dunya calageur…?

  22. pepep says :

    baca ini,, mudah2an kita jadi lebih dewasa, dan mengbangun sepakbola Indonesia lebih baik..

    http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/05/29/230000/1366011/73/tragedi-heysel-dimaafkan-namun-tak-dilupakan

  23. wnk blue says :

    the jak anjing…..
    the jak anjing…..
    the jak tai anjing……

    viking track_14 bekasi
    “PERSIB BUDAYA KAMI”

  24. arema the jak says :

    viking se jawa barat???????????apa gk salah jing!!d jawa barat ini da pelita jaya,dn di jawa barat jga bnyk oren dn arema,mrka mrasa bhwa”suka suka kita dukung persija\arema walau pun kita org jawa barat yg pnting kita ttp orenz\singo”kta ciapa jawa barat persib,mrka bilang bandung ibu kota jawa barat,tetapi kita liat donk jakarta ibu kota indoesia,persib pndukung ny cma se jawa barat,itu pun gk smua,smntara jakarta yg ibu kota kita sndiri psti bnyk pndukung ny,’THE JAK GK KMANA2,TPI THE JAK ADA DMNA2″bgtu pula arema INDONESIA.

    • dodhi says :

      kata siapa viking suporter nya dikit poko nya the jak akan selalu jadi sampah ibu kota……………………………… aq akan selalu dukung persib viking bonek satu hati.. the jak arema pecunndang sejati salam buat the jak anjing ketik the jak spasi anjing kirim ke neraka

      • Gienzz says :

        emanx kenyataan’nya jawa barat punya viking…. hati” bwt anak the jakjing kLo mau berkeliaran di jawa barat,apalagi brkeliaran bawa atribut…. psti Lngsung msuk UGD.

        viking subang

    • maulana rubiansyah says :

      kata sypa viking suporter a dikit .?
      buktina aya ngening di jakarta nu ngadukung PERSIB .
      Viking Jakarta tah buktina ……
      Di mana’ ge aya pendukung PERSIB mah lain se Jawa Barat wae OM .?
      LOBA CUY !!

    • the bomber tegal city says :

      maksud ente apa?jelek2in viking basi tau gax sih!persib tuh punya jawa barat.

  25. gha says :

    pkonamah ceuk aing viking the best……….say fuck bwt seragam oranye pemungut sampah……..the jak bau runtah

  26. suporter damai says :

    semua suporter….. halo.. the jack, arema, viking, bonek, slemania, ataw apapun yg lain… kita ini saudara… semua sma yg membedakan hnya klub bola kita sama2 aku suka persebaya.. karena bagus, arema juga bagus, persija bagus, persib bagus, persipura bagus,… semua bagus… lebih baik kita jadi satu… klu indonesia bertarung dengn team negara lain kita dukung… bukan malah bertengkar sndiri2 nah.. ayolah rekan2 seperjuangn suporter…. kita jadi satu,

    • gobes says :

      thee jackmh smpahhh masyarakat

      • AJEK says :

        klo masih inget mas ,,,waktu pelatih TIMNAS menyebut” siliwangi sbgai KEBUN KENTANG di situ karna dia yang tidak suka melihat suporter dari bandung yang mencemoohkan beberapa pemain TIMNAS..
        tapi di GBK semua berteriak indonesia dengan kompak…
        dari fakta itu sudah jelas mana yang tidak punya otak..
        heheheehe………

  27. dodhi says :

    the jak anjing mendingan makan mie welas darie pada dukunk the jak yank selalu menjadi bahan pelecehan di seluruh club indonesia the jak anjing VIKING BONEK KITA SAUDARA THE JAK MANIA DI BUNUH SAJA………….IE URANK BANDUNKBERKOMENTAR LANGSUNG TEN TANK THE JAK YANK SELALU KEKURANGAN DUIT THE JAK MAH MISKIN LEBIH DARI PEMULUNG JALANAN

    • AJEK says :

      THEJAKMANIA ga butuh di dukung mas….tapi setia mendukung PERSIJA…

      klo ngomong di pikir…
      pnya pikiran kga…
      ????????
      wkwkwkwwkwkwk………

      • Rehan viking says :

        Msa g butuh duit,psti lo nyuri,uhh….dasar gelandangan,the jak sampah ibu kota. :-/

  28. ami says :

    weeey
    semua suporter jak mania yang ad di mana aja salm kenal nama gue ami

    ya bisa2
    the jak it idaman s mua orangn tw
    gue cinta persija ampe matiiiiiiiiiiiiiiiii

    viking
    bonek
    sama2 anjing taiiiiii
    cuma malu2in indonesia doang gx ponya pendidikan

    nak2 nya kga ada yg sekol

    i can’T STOP LOVING PERSIJA

    • Jemy says :

      selamat menunaykan ibadah puasa dari kami suporter viking dan
      bonek dan jangan bertengkar selau the jak mania
      ok

    • gue & elu says :

      ha.. ha.. ha.. ada tai anjink mencret lagi ngepret…,
      maklum sampah ibukota… Anjink turun temurun…

    • Rehan viking says :

      Yeh jari tengah jang sia the jak anjinx,ulah sok ngahina wani ka luar ti kandang sia,ci2ng wae na kndng hym

    • Anonymous says :

      the jack tong kosong nyaring bunyinya…
      beraninya cmn berkoar d kandang…
      1 lawan 1 mna mngkn berani…
      Ondel”jalan ja gx bsa kenceng…
      The jack yg bodoh,d kuis cpa brni ja kalah masih gx nrma klu the jack bodoh…

      Salam ari prasta singaparna

  29. edi says :

    jak anjikkkk

  30. jaka ghianovan says :

    bonek viking sama saja asal jangan the jak bubarkan saja, garis keras itu bullshit aq selalu viking and nj mania juga bonek gitu loch

  31. akbar viking depok says :

    ayo para viking dpok walaupun kita tnggal d’kota oranye ttp lch dukung persib bandung
    tunjukan jari tngah untuk para jakjing

  32. akbar viking depok says :

    walaupun krang persib brada d’urutan 14 gw yakin putaran k’2 pasti jdi juara isl

  33. Juned josss says :

    nyadar-nyadar bonek makan ga bayar apa2 maunya gratisss…
    itu tuh yang namanya suporter wkwkwkwkwkkkk…..
    modal donkkkk……

  34. erhy emotional's viking bomber cimahi says :

    Akh smua the jak tuh tai ,,
    heh ,, wat anak jak mania tai ,,
    liat donx sejarah nya ,,
    udah tau the jak yanx kalah di acra kuis itu ,
    ekh kalian pada gx mau ngalah ,,
    emang gx punya malu kalian tuh .
    hak milik viking di ambil sama kalian .
    mobil_mobil viking di rusak ,,
    anjinx kalian semua (the jak) .
    emang bener kata viking juga klw the jak tuh berani nya di kandang ..
    hahahahahaha banci klian tuh the jak .

    ges lah bubar kn weh the jak mah rarujit anjinx ninggali na oge .

    by : erhy emotionio

  35. erhy emotional's viking bomber cimahi says :

    oh ,,,
    jadi sejarah nya kya gtuh ,,
    udah lah wat semua anak jak mania ,,
    mendingan klian semua mengakui ,,
    klw viking tuh emang layak jadi juara no 1 ,,
    dri segi kepintaran nya tow persatuan.a .
    dan viking juga layak wat mnjadi suporter no 1 ter terbanyak se indonesia .

    by : erhy emotionals
    viking bomber cimahi .

    ctatan.
    bogohan persib
    jauhan narkoba ,,
    tong poho ,, eling ka alloh .

  36. esmod cobain says :

    idih bahasa aph to yg d’pkai suporter PERSIB.
    kq mirip bahasa anjing,ada aing-aing’nya segala……..??

    hmmb aneh….

  37. a.supriyatna says :

    persib jangan kalah ma yang lain semangat dan bilang ke pelatih beli pemain yang bagus salam radovik,eka,c.g.dan yang lain…………………..

  38. a.supriyatna says :

    jangan kalah sama yang lain bilanggin ke pelati beli pemain yang bagus salam radovik,c.g,eka,dan yang lain,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  39. Gunawan Bobotoh says :

    “PERSIB” SEJATI AMPE mOdaR LUrd… VIKING BONEK nyalI waNi

  40. ramdan says :

    fis lah uing mah,, by karawang cty

  41. Dhyvrer says :

    Tinggalin koment.., salam buat the jak yang udah kena tikam kalimat Supoorter Viking,…

  42. Anonymous says :

    .^disi jawa barat bkanz ibu kota vikink bonex kta saudra the anjink d! bunuh saja ooh……

    ~salam tie aink~
    _agilz 021 vikerz_

  43. The jak cengkareng says :

    Viking menang pasukan doank banyak nyali mah Ngga ada viking tuh kalo tawuran kaya anjink kalo anak the jak megang batu pasti kabur

  44. Anonymous says :

    anak the jeck ke banyakan perantau sampah yg gx punya moral. the jakjing tai anzing. forza persib. udh pada gembel item itulah seporter kota sampah the jekjing. bravo persib

  45. Anonymous says :

    Geslah persib tetep nu ainq,,

  46. Reza says :

    Geslah persib tetep nu ainq,,

  47. Luthfi BonekzNetika Greenforce ZaxLawase says :

    AREMA keparat theJack Bangsat
    SALAM SAKIT JIWA
    Bwat AREMANI ASU BY BONEK PuRWodadi

  48. Anonymous says :

    anjing the jak bang sat lo

  49. Badru .S says :

    Viking katanya lo cinta damai…mana buktinya ..cuma bajot doang..
    mending kita damai saja ,..
    The jak dan viking BERSATULAH

    jAk kEbumEn

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 326 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: